Selasa, 26 Juli 2016

Tips Dan Cara Memenangkan Debat 

Materi yang bagus tidak cukup bisa membuat  anda memenangkan sebuah perdebatan, tetapi anda harus mampu membuatnya setuju dengan anda. Yang anda butuhkan adalah keahlian seputar komunikasi yang meliputi bahasa badan, intonasi cara penyampaian, pemilihan bahasa yang tepat, pemasangan pikiran, dan lain-lain. Ingin tahu caranya tips dan cara untuk memenangkan debat, silahkan baca selengkapnya dibawah ini 



Berikut ini adalah 7 tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk membuat lawan debat anda tidak berkutik melawan anda, yakni  :

1. Berbicaralah sesuai bukti yang ada
Jika anda mempunyai anggapan bahwa air bisa memadamkan api, dan lawan anda menggangap bahwa minyak itu dapat memadamkan api, sehungga satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuktikan siapa yang benar dan siapa yang salah. Ketika "fakta" sudah berbicara, maka selesai sudah perdebatan tersebut dikarenakan kebenaran itu langsung terlihat

2. Tentukanlah waktu yang tepat
Jangan terburu-buru ketika ingin melakukan debat dengan orang lain. Pikirkan baik baik sebelum anda berdebat, apakah waktunya cocok untuk melakukan debat atau sebaliknya anda harus menghindar. Tanyakan : inikah waktu yang pas untuk berdebat? Inikah tempatnya untuk berdebat? dalam hati anda sebelum anda berdebat.

3. Jadilah pendengar yang baik
Belajarlah mendengarkan alasan orang lain terlebih dahulu dengan seksama, cermati bahasa tubuh mereka dan pahami makna kata-kata mereka sebenarnya.

4. Melihat dari sudut pandang lain
Gunakan kreativitas anda untuk menemukan sebuah jalan keluar dari perdebatan yang berlarut-larut. Cobalah melihat masalah itu dari sudut pandang yang berbeda. 

5. Lemparkan pertanyaan 
Pertanyaan mampu menjaga sebuah perdebatan berubah sifat menjadi sama-sama adil. Kadang sesekali lawan debat akan mengeluarkan sebuah pendapat yang sangat masuk akal bagi anda. Jangan sampai anda gampang terpengaruh dengan  pendapat dari lawan debat itu, dan ajukan kembali pertanyaan kepada lawan debat anda sebagai penangkal dari opininya itu. Kenapa ? Karena kadangkala suatu pertanyaan lebih susah untuk disangkal daripada sebuah opini.

6. Buat lawan anda menjawab sendiri pertanyaannya
Ciptakanlah sebuah pertanyaan yang memancing lawan anda untuk mengiyakan sesuatu yang mana jawaban ini benar-benar datang dari pikiran lawan anda sendiri. Kadang hal ini lebih ampuh daripada anda mengguruinya.

7. Menjaga hubungan yang baik
Sebuah perdebatan umumnya berakhir dengan permusuhan, bahkan perdebatan yang tidak dewasa ataupun lawan debat anda yang belum berpikiran dewasa juga dapat berakhir dengan kemarahan yang berlarut-larut. Meskipun tidak ada jaminan, apabila cara ini dilakukan, anda pasti akan memenangkan debat. Selalu usahakan masih mempertahankan interaksi yang baik dengan lawan debat anda.

Kembali ke tujuan awal dari perdebatan itu sendiri, apakah tujuan anda melakukan debat itu dengan tujuan menghina, mempermalukan, atau untuk memuaskan hati anda yang senang melihat lawan anda bertekuk lutut pada anda. ? Apabila memungkinkan, capailah sebuah kesepakatan yang bisa berguna bagi kedua belah pihak, jangan selalu mengulang topik perdebatan yang sama,

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda. 





0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts