Jumat, 06 Mei 2016

INFOPSIKOKITA



Kita mengenal Psikologi sebagai sebuah ilmu terapan yang dipakai untuk mempelajari perilaku dan mental secara ilmiah.


Ada 5 Tokoh yang dikenal di bidang Psikologi adalah sebagai berikut :

1. Erik Erikson














Erik Homburger Erikson dilahirkan di Frankfurt, Jerman  pada tahun 1902. Ayahnya adalah seorang keturina Denmark dan inunya adalah seorang Yahudi. Erikson belajar pskikologi pada Anna Freud (putri dari Sigmund Freud) di Vienna Psycholoanalytic Institute selama kurun waktu tahun 1927-1933.

Erikson menjadi terkenal karena upayanya dalam mengembangkan teori tentang tahap perkembangan manusia yang di rintis oleh Freud. Erikson menyatakan bahwa pertumbuhan manusia berjalan sesuai dengan prinsip epigenetik yang menyatakan bahwa kepribadian manusia berjalan menurut 8 tahap.


2. Jean Piaget



Ia lahir di Neuichatel, Swiss pada tgl 9 Agustus 1896 dan meninggal pada tgl 16 September 1980. Ia adalah seorang filsuf,  ilmuwan dan psikolog perkembangan Swiss, yang terkenal karena hasil penelitiannya tentang anak-anak dan teori perkembangan kognitifnya.

Ia paling terkenal karena menyusun kembali terori perkembahngan kognitif kedalam serangkaian tahap, memeperluas karya sebelumnya dari James Mark Baldwin menjadi empat tahap perkembangan.

3. Sigmund Freud



Ia lahir di Freiberg, Moravia, Austria -Hungary yang sekarang menjadi Repulblik Ceko pada tgl 6 Mei 1856
dan meninggal di London, Inggris, Britania Raya. Ia adalah seorang psikiater Austria dan pendiri aliran psikoanalisi dalam psikologi.

Konsep dari teori nya yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku. Selain itu juga, dia juga memberikan pernyataan pada awalnya bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas pada awalnya (eros) yang pada awalnya dirasakan oleh manusia semejak kecil dari ibunya.

4.   Carl Gustav Jung



Kesswil, 26 Juli 1875 - Kusnacht, 6 Juni 1961. Ia adalah seorang psikiater Swiss dan perintis psikologi analitik.

Pendekatannya terhadap psikologi yang unik dan berpengaruh luas ditekankan pada pemahaman "psyche"melalui eksplorasi dunia mimpi, seni, mitologi serta filsafat. Menurut dia  kepribadian merupakan kombinasi yang mencakup perasaan dan tuingkah laku, baik sadar maupun tidak sadar.

5. Burrhusm Frederic Skinner



B.F Skinner adalah seorang psikolog Amerika Serikat terkanal dari aliran behavorisme. Inti pemikiran Skinner adalah setiap manusia bergerak mendapat rangsangan dari lingkungannya.

Skinner memfokuskan penelitian tentang perilaku dan menghabiskan karirinya untuk mengembangkan teori tentang REINFORCEMENT. Dia percaya bahwa perkembanganb kepribadian seseorang atau perilaku yang terjadi adalah sebagai akibat dari respon terhadap kejadian eksternal.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ditunggu komentarnya. Terima kasih

                   Tips Merawat Battery Pada Sepeda Motor Kawasaki
                   Pasien RSJ Sudah Sembuh
                   6 Phobia Aneh Di Dunia   
                   Hobi Para Pemimpin Dunia
                   Test Psikologi Jepang

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts