Kamis, 05 Mei 2016

INFOPSIKOKITA


Psikologi merupakan sebuah disiplin ilmu dan terapan yang mempelajari mental dan perilaku secara ilmiah. Psikologi memiliki tujuan langsung untuk memahami individu dan kelompok dengan memperhatikan prinsip pribadi dan meneliti kasus secara spesifik. Seseorang yang ahli dibidang psikologi atau menjadi peneliti psikologi disebut psikolog dan dapat diklasifikasikan menjadi ilmuwan sosial, perilaku , atau kognitif. Psikolog berusaha untuk memahami perubah fungsi mental.




Psikologi berasal dari bahasa Yunani kuno yang terdiri dari 2 kata yaitu psyche yang bearti jiwa dan logos yang bearti kata.

Psikologi adalah ilmu yang tergolong muda (sekitar tahun 1800an), tetapi manusia disepanjang sejarah telah memeprhatikan masalah psikologi. Seperti filsuf Yunani terutama Plato dan Aristoteles. Setelah itu St. Augustine (354-430) dianggap sebagai tokoh besar dalam psikologi modern karena perhatiannya pada intropeksi dan keingintahuannya tentang fenomena psikologi. Descartes (1596-1650) juga mengajukan teori bahwa hewan adalah mesin yang dapat dipelajari sebagaimana mesin lainnya. Ia juga memperkenalkan konsep kerja refleks. Banyak ahli filsafat terkenal lain dalam abad tujuh belas dan delapan belas  seperti Leibnits, Hobbes, Locke, Kant dan Hume memberikan sumbangan dalam bidang psikologi. Pada waktu itu psikologi masih berbentuk wacana belum menjadi ilmu pengetahuan.

Pada tahun 1879 Wilhem Wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama di University of Leipzig, Jerman. Ditandai oleh berdirinya laboratorium ini, maka metode ilmiah untuk lebih memahami manusia telah ditemukan meskipun tidak terlalu memadai. Dengan berdirinya laboratorium ini pula, lengkaplah syarat psikologi untuk menjadi ilmu pengetahuan., sehingga tahun berdirinya laboratorium Wundt diakui pula sebagai tanggal berdirinya psikologi sebagai ilmu pengetahuan.


Jadi dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/ mental yang lahir pada akhir tahun 1800-an yaitu sewaktu Wilhem Wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama didunia. Manusia disepanjang sejarah sudah telah memperhatikan masalah psikologi. Seperti filsuf Yunani terutama Plato dan Aristoteles. Setelah itu St. Augustine (354-430) dianggap tokoh besar dalam psikologi modern karena perhatiannya pada intropeksi dan keingintahuannya tentang fenomena psikologi.

Terima kasih sudah membaca, ditunggu komentarnya, terima kasih.

                   Asal-Usul Filateli
                   Asal Usul Phobia
                   Cerita Lucu Banget Tentang Tidur

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts