Minggu, 15 Mei 2016

Metode Psikologi




Psikologi adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang dipopulerkan pertama kalinya pada tahun 1879. Jika ditelusuri jauh ke masa Yunani Kuno, dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi berjalan seiring sejalan dengan perkembangan intelektual di Eropa, dan akhirnya mendapat bentuk pragmatisnya di benua Amerika .

Adapun beberapa metode psikologi, sebagai berikut :

1. Pemeriksaan Psikologi

Psikotes adalah nama lain dari pemeriksaan psikologi. Metode ini menggunakan alat-alat psikodiagnonistik yang hanya boleh digunakan oleh para ahlinya. Alat-alat itu dapat dipergunakan untuk mengukur dan mengetahui struktur kepribadian seseorang, sikap, minat dan bahkan taraf kecerdasan seseorang.

2. Angket

Angket merupakan wawancara dalam bentuk tertulis. Angket berupa pertanyaan yang tersusun yang diberikan kepada orang lain untuk dijawab. Jawaban dari angket ini akan dilakukan analisa untuk mencari jawaban hal hal yang sedang diselidiki

3. Wawancara

Tanya jawab langsung antara pemeriksa dan orang yang diperiksa. Pewawancara menanyakan pertanyaan secara lansgung dan medengar langsung jawaban yang diberikan oleh yang diperiksa dan menganalisa jawaban tersebut untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya.

4. Sejarah Kehidupan

Sumber data yang lebih penting ini berasal dari kita sendiri. Tujuannya adalah mungkin lebih bisa mengetahui isi jiwa kita.

5. Metodologi eksperimental

Metode ini biasanya dilakukan dengan mengadakan banyak eksperimen di dalam laboratorium.

6. Observasi ilmiah

Observasi ilmiah ini diterapkan pada situasi situasi yang tidak sengaja, melainkan dengan proses ilmiah dan secara spontan.


Semoga bermanfaat :)

Baca juga : Kyuubi (Kurama)



0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts