Selasa, 10 Mei 2016

ASAL-USUL ALIRAN FUNGSIONALISME


Infopsikokita - Aliran Fungsionalisme adalah aliran yang tumbuh di Amerika yang dipelopori oleh William  James.


William James sebagai pencipta aliran ini disebut juga dengan Bapak Psikologi Amerika. 

Minat yang paling utama dari aliran ini adalah mempelajari apa yang terjadi dalam sebuah aktivitas psikologis dan tujuannya. Apa yang dipelajari oleh aliran ini adalah fungsi dari tingkah laku atau proses mental, tidak seperti yang dilakukan aliran strukturalisme. 

Aliran ini mengembangkan metode eksperimen, dan juga menggunakan metode intropeksi yang sangat menuai kritik dari aliran lainnya yang bertujuan untuk mempelajari fungsi tingkah laku manusia.

Metode eksperimen yang dikembangkan aliran ini ada 2 metode yaitu sebagai berikut :

1. Metode Variasi Kondisi

 Metode variasi kondisi adalah metode yang digunakan untuk mengukur tingkah laku orang yang mengandung unsur psikologis seperti tingkah laku orang ketika marah. Reaksi itu kemudian diamati dan dihubungkan dengan stimulus.

2. Metode fisiologi

Metode fisiologi adalah menguraikan tingkah laku orang dari sudut anatomi dan ilmu faal. Namun kelemahan metode ini adalah tidak semua tingkah laku bisa dapat diuraikan secara fisiologis atau anatomis.

Selain metode diatas, ada metode intropeksi yag sangat menuai kritik. Metode intropeksi ini sifatnya agak subjektif, sehingga sulit untuk disistematikan dan kuantitatifkan. Subjek cenderung membuat hasil intropeksi menjadi menguntungkan dirinya sendiri atau bahkan hanya bertujuan bisa menyenangkan hati penekliti saja. Tentu saja hal ini menyebabkan penyimpangan besar.




0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts